Memulai Hari dengan Sabar

Semenjak dari pagi sampai pagi lagi, kita akan dihadapkan dengan berbagai macam jenis problema. Baik dari problema sederhana, sampai yang tidak sederhana. Problema itu datang bisa dari diri kita sendiri, ataupun datang dari luar. Tergantung dari sisi mana kita melihatnya.

Masalah, pernah kita alami dengan berbagai macam tantangan. Kebanyakan dari masalah tersebut membuat kita lebih berpengalaman dalam menghadapi masalah masalah selanjutnya. Perlu diketahui bahwa, tidak ada orang yang hidup tanpa masalah. Karena Allah menyampaikan bahwa setiap manusia pasti akan merasakan ujian, dan bentuk atau besarnya disesuaikan dengan kemampuan kita menghadapi masalah tersebut.

Pernah suatu hari, saya mendapatkan tugas menjalankan piket di sekolah yang saya tempati. Awalnya biasa saja, namun ketika semakin siang dan terik matahari semakin menyengat, lama kelamaan banyak gangguan datang. Dari mulai, tugas anak yang lupa belum di sampaikan, kemudian tamu yang silih berganti datang, dan bahkan guru lain yang meminta bantuan. Saya mulai resah dan gelisah, bahkan “ngempet” kalau dalam bahasa jawanya. Gara-garanya, tugas tiba tiba bertumpuk dan gangguan banyak datang. Tapi, kemudian saya sadar, kalau saya tidak ikhlas, apa gunanya saya hidup. Karena apa? yang kita lakukan akan sia sia, tidak akan ada pahala ataupun ridho Allah di dalamnya.

Akhirnya, saya mencoba untuk belajar sabar, kemudian pelan pelan saya menarik nafas dalam-dalam dan mengeluarkannya pelan-pelan. Hati saya semakin tenang, dan saya mencoba lebih sabar akan peristiwa tersebut.

Banyak mungkin hal yang pernah kita alami dan menguras hati dan pikiran kita, tapi ingat! Apa yang kita lakukan akan bernilai pahala jika kita ikhlas dan sabar dalam menjalaninya. Toh, hidup hanya sekali. Dari pada dibuat pusing dengan kehidupan, mending kita jalani dengan enjoy, dan menerima dengan baik.

Allah tidak akan membebankan seseorang melebihi kemampuannya.

Tetap semangat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *