Menukar Uang Baru

Sebelah tempat dudukku saat ini sedang memegang uang, dan menghitung recehan. Raut mukanya menunjukkan keseriusan yang berarti. Panggilan akrabnya Dy, dan dia suka sekali memakai kacamata. Namun, bukan berarti jika kamu menemukan seseorang yang berkacamata itu pasti Dy. Bukan.. Jadi, bersabar saja jika kamu ingin bertemu dengan Dy, dan meminta uang recehannya.

Sementara dia menghitung uang, aku sebagai pengganti sementara partnernya yang sekarang tengah cuti hamil, membantu menjadi petugas pengembalian dan peminjaman buku di sebuah perpustakaan ternama. Tidak perlu saya sebutkan namanya, toh kamu pasti tidak berminat kesini.

Pelan-pelan dia mendekat dan mengajak aku jatuh ke dalam percakapannya,

Hey, mau recehan gak?” Dy nyengir sambil mencari amplop untuk menaruh uang tersebut.

“Ha?” Aku sedikit kaget.

“Iya, bentar lagi kan lebaran tuh. Kamu pasti butuh recehan berbentuk pecahan uang baru kan.. buat kamu kasih ke ponakan kamu… Ini loh..!” Dy menyodorkan uang pecahan.

“Itu mah, gak baru.. lusuh gitu kok..” Aku sedikit nyinyir

“Yaaa… kali aja kamu mau beli cilok pake recehan. Kan gak seru beli cilok pake uang ratusan ribu. Kasihan mangnya, kamu buat pusing pake uang pecahan 100.000.” Dy kembali merayu

“Aku aja sekarang gak bawa uang, gimana mau nuker. Dan juga ngapain sih, kudu nuker ke uang pecahan baru. Esensinya kan sama.. Uang kan? Dan pasti, anak-anak ngeliatnya itu nominalnya, bukan masalah itu mau uang baru atau enggak. Bener?” Tanganku sambil memencet tuts keyboard komputer perpustakaan.

“Eh.. jangan salah… anak-anak juga pasti bakalan seneng, kalau kamu kasih uang pecahan baru. Bersih, bagus, dan wangih..”

“Ah.. Mana ada.. aku juga males nuker uang. Males ke banknya. Dan lagian, cuman ponakan yang aku kasih..”

“Mbak.. Aku kecewa sama kamu..”

Dy pergi meninggalkanku seorang diri, dan menuju kamar mandi

Sepertinya pup menjadi tempat pelampiasan emosinya saat itu

2 thoughts on “Menukar Uang Baru”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *